Dinkes Inhil Lakukan Rapat Koordinasi Persiapan Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Dinkes Inhil Lakukan Rapat Koordinasi Persiapan Gerakan Nasional Aksi Bergizi

TEMBILAHAN  - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar rapat persiapan Gerakan Nasional Aksi Bergizi, bersama instansi terkait di aula Dinkes Inhil, Kamis (18/10/2022).

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh, sekretaris Dinkes Wanhar, ini juga diikuti oleh para Kepala Puskesmas dan Pengelola Program, kemenag Inhil, Disdik Inhil, STIKES Husada Gemilang dan Guru UKS/Olahraga sekolah yang akan menjadi Fokus kegiatan Aksi bergizi.

Dalam sambutannya Kepala Dinkes Inhil Rahmi Indrasuri, SKM, MKL melalui Sekretaris Dinkes Wanhar menjelaskan Kegiatan Aksi Bergizi yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda dan Hari Kesehatan Nasional ke-58 dilakukan secara serentak se Indonesia untuk mendapatkan rekor muri minum Tablet Tambah Darah (TTD) terbanyak.

Dijelaskannya, Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan Aksi Bergizi adalah sebagai pencegahan stunting melalui gerakan remaja putri minum TTD, membudayakan aktivitas fisik bagi siswa/siswi dan membiasakan sarapan melalui gizi seimbang.

"Kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober di SMA Negeri 2 Tembilahan dan MAN Negeri 1 Tembilahan Hulu. Sasaran kegiatan nantinya adalah siswi dari kelas X dan Kelas XI. Adapun rangkaian kegiatan yaitu diawali dengan senam bersama, kemudian sarapan bersama, minum TTD bersama mengisi aplikasi CERIA," jelasnya.

Lebih jauh Wanhar menjelaskan, Jadi nanti sebelum acara puncaknya pihak Puskesmas akan memberikan penyuluhan kesekolah tentang gizi seimbang supaya siswi-siswi nanti bisa membawa bekal sarapan dengan menu lengkap sesuai pedoman gizi seimbang, dan menyarankan siswinya untuk terlebih dulu mendownload aplikasi ceria.

"Disamping itu juga kita juga akan melakukan pemerikasaan HB serentak untuk itu kita juga bekerjasama dengan STIKES Husada Gemilang yang mahasiswa Akbidnya diberdayakan untuk melakukan memerikasaan HB pada Rematri," pungkasnya

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index