Kain Tenun Cempaka Wangi Khas Indragiri Hilir

Kain Tenun Cempaka Wangi Khas Indragiri Hilir

Kelompok usaha bersama Tenun Cempaka Wangi yang sudah terkenal di Kabupaten Indragiri Hilir.

Kelompok Usaha beralamat di jalan Pekan Arba Kecamatan Tembilahan 

Disamping itu, Eliani atau akrab disapa dengan buk Eli  mengatakan kepada  awak media bahwasanya usahanya ini berawal dari tahun 1997 dengan belajar pertama kali di dekranasda di kota tembilahan. Sedangkan Bahan bakunya itu di pesan langsung dari Bandung. 

"Untuk proses pengerjaannya itu memakan waktu bisa 1 minggu karna  banyak proses-prosesnya, " Ungkap ibuk Eli 

Kembali mengatakan, untk motifnya ada bunga, rebung bambu dan masih banyak lagi lainya yang bertemakan khusus Kabupaten Indragiri Hilir.Biasanya harga-harga per Meternya relatif mengikuti harga benang dipasaran, karna benang mahal  jadi jual perlembarnya itu 300 ribu  untuk 2 meter 20 cm. 

"Untuk pertama kalo dulu harganya 220 ribu sekitar tahun 2000 an, akan tetapi saat ini harga harga bahan mulai naik  jadi ikut naik," Jelasnya 

Senada dengan itu, Sudirman yang merupakan suami buk Eliana mengungkapkan bahwasanya istrinya ini seringengikuti pelatihan-pelatihan sampai ke Bandung Jawa Barat. 

" Pada waktu itu juga pernah mendapatkan beberapa sertifikat penghargaan, pernah juara 2 di Pekanbaru dalam perlombaan tenunan Se-Provinsi Riau 2000 pada tahun 2000an serta pernah di ikutkan perlombaan oleh istri bupati Inhil, Hj Zulaikhah Wardan," Paparnya

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index