Kapolres Inhil Pimpin Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Kapolres Inhil Pimpin Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Tembilahan - Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan memimpin Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2024, Sabtu (1/6).

Upacara dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Inhil, dihadiri Forkopimda Indragiri Hilir, Pejabat Eslon II ,III Dan IV serta Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil, Pimpinan BUMN/BUMD, para ASN, TNI d an Polri, perwakilan Ormas, Pramuka, Mahasiswa dan pelajar Kabupaten Indragiri Hilir.

"Kita memperingati hari lahir Pancasila. hari ketika Bung Karno, sebagai proklamator kemerdekaan. Bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang badan penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan (BPUPK)," kata Kapolres Inhil. p

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju indonesia emas 2045”.

"Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. keberadaan pancasila merupakan anugerah dari tuhan yang maha esa untuk bangsa indonesia," ungkapnya.

Di dalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “bhinneka tunggal ika”.

"Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. sebagai meja statis, pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar," papar Kapolres.

Ia menjelaskan, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. lebih dari itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan gen-z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

"Dengan semangat pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa indonesia akan dapat diatasi. terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi pancasila sebagai fondasi dasarnya. kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa," pungkas Kapolres AKBP Budi.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index